by

Wajah Bebas Komedo. Simak Tipsnya

GANLOP.COM – Salah satu masalah wajah yang seringkali dialami oleh banyak orang adalah komedo. Meski kelihatan sepele, komedo bisa membuat orang menjadi kehilangan percaya diri, karena membuat wajah terlihat kusam dan terkesan kotor.

Namun mencegah dan menghilangkan komedo tidak terlalu sulit kok. Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian simak.

1. Rutin bersihkan wajah

Selalu bersihkan wajah sebelum tidur dan setelah beraktivitas. Jangan pernah malas, sesibuk atau secapek apapun kalian, karena debu memicu timbulnya komedo bahkan jerawat. Pilihkan pembersih wajah yang mengandung scrub, agar komedo gampang terangkat.

2. Jauhi kebiasaan memegang wajah dengan tangan

Hindari kebiasaan memegang wajah dengan tangan, karena tangan yang kotor merupakan sumber bakteri dan dan dapat memicu timbulnya komedo. Gunakan tisue atau cuci muka dengan menggunakan air.

3. Gunakan pelembab

Menggunakan pelembab pada kulit tentunya memiliki manfaat yang banyak sekali. Selain menjaga kandungan minyak pada kulit, mengoleskan pelembab secara teratur juga membuat sel pada kulit lebih sehat. Dan tentu saja, dengan menggunakan pelembab, pori-pori kulit jadi lebih terlindungi.

4. Bersihkan komedo dengan handuk hangat

Untuk menghilangkan komedo, kalian bisa menggunakan handuk hangat. Letakkan kain yang telah direndam air panas ke atas permukaan wajah berkomedo. Panas akan membantu menghilangkan perih saat mengelupaskan komedo. Selain itu, handuk panas juga mengurangi adanya infeksi akibat pengangkatan tersebut.

5. Banyak minum air putih

Biasakan untuk minum air putih yang banyak. Air putih berfungsi sebagau larutan alami yang mendorong produksi keringat yang pada akhirnya akan mendorong keluarnya komedo.

6. Jaga pola makan

Jagalah pola makan kalian dengan menghindari makanan berminyak atau berlemak dan perbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi vitamin A, vitamin E dan vitamin C.

7. Gunakan sunscreen yang bebas minyak

Hanya karena kamu memiliki kulit berminyak atau kombinasi, tidak berarti kamu harus berhemat pada sunscreen. Produk SPF sangat penting untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV yang berbahaya. Pilih sunscreen dengan formulasi bebas minyak yang tidak akan memberatkan kulit atau menyumbat pori-pori.

8. Datangi ahlinya

Agar hasilnya lebih oke, kalian bisa mendatangi dokter spesialis kulit atau facial di salon secara rutin. Tidak perlu malu, pria juga butuh perawatan kok.

9. Pakai cara alami

Jika malu atau malas ke dokter atau salon, kalian bisa menggunakan cara-cara alami di rumah untuk menghilangkan komedo. Misalnya dengan masker dari kulit jeruk yang sudah diblender, masker baking soda yang telah dicampur dengan air atau mengoleskan sedikit pasta gigi pada bagian yang berkomedo.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *