by

9 Rahasia Agar Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa

GANLOP.COM – Bekerja disaat puasa memang memiliki tantangan dan sensasi tersendiri. Malas dan mengantuk merupakan lawan paling berat saat di kantor ketika puasa. Namun jangan jadikan puasa sebagai alasan. Berikut beberapa tips atau rahasia yang bisa kalian simak agar tetap semangat bekerja, walaupun berpuasa.

1. Konsumsi makanan sehat saat sahur

Jangan pernah lewatkan sahur. Agar tubuh tetap fit dan tidak gampang lelah saat di kantor, konsumsilah makanan sehat dan bergizi pada saat sahur.

2. Cukupi kebutuhan air putih

Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih pada saat sahur, terutama menjelang imsak dan saat berbuka puasa.

Tidak hanya menjaga semangat saat sedang bekerja. Memenuhi kebutuhan cairan saat sedang puasa juga bisa menghindarkan kamu dari dehidrasi dan bisa menghilangkan racun-racun yang ada dalam tubuh kamu.

3. Fokus pada pekerjaan

Supaya waktu puasa tidak terlalu terasa, kamu bisa menyibukkan diri dengan pekerjaan. Ketika kamu fokus bekerja, waktu akan serasa terlupakan. Pekerjaan akan cepat selesai dan waktu puasa jadi tidak terasa. Jangan sampai kamu terlalu merasa malas, pekerjaan pastinya akan terbengkalai dan semakin menumpuk. 

4. Kurangi aktivitas

Selain pekerjaan, kamu sebaiknya mengurangi aktivitas yang berlebihan saat puasa. Banyaknya aktivitas akan membuat tubuh kamu cepat lelah dan merasa lapar serta haus. Pastinya puasa kamu akan terganggu. Jadi, kurangi aktivitas yang biasanya dilakukan saat tidak puasa.

5. Manfaatkan jam istirahat

Gunakan jam istirahat sholat sebaik-baiknya. Kalian bisa memanfaatkan waktu selama 15 menit tersebut untuk meregangkan otot dan otak. Rebahan sebentar setelah sholat bisa kalian lakukan, namun pastikan pekerjaan kalian sudah selesai.

6. Jangan lembur

Jika biasanya kalian menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dengan menambah jam kerja alias lembur, di bulan puasa sebaiknya kalian pulang lebih cepat.

Selain agar bisa menikmati berbuka puasa di rumah bersama keluarga, melaksanakan salat tarawih, kalian juga punya lebih banyak waktu tidur agar tak terlambat bangun sahur. Karena itulah jangan suka menunda-nunda pekerjaan agar tidak menumpuk.

7. Cari cara untuk membangkitkan mood 

Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk mengusir rasa malas dan tidak bersemangat ketika bekerja saat puasa, antara lain mencuci muka, senam ringan, keluar kantor dan berjalan sebentar atau mendengarkan lagu-lagu yang bisa membuat kalian termotivasi menyelesaikan tugas kantor dengan baik.

8. Interaksi dengan teman 

Di sela-sela pekerjaan, tidak ada salahnya untuk sekadar menyegarkan pikiran dengan berbagi cerita atau bercanda dengan teman sekantor. Hal ini bisa membantu kamu untuk kembali berenergi saat puasa.

9. Buka puasa bersama 

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa orang yang aktif berhubungan dengan rekan-rekan dan teman kerja bakal lebih produktif ketika berada di kantor. Oleh karena itu, menjaga interaksi dengan kolega juga sangat penting.

Salah satu caranya yaitu dengan mengadakan acara buka puasa bersama teman-teman sekantor. Hal ini akan membuat kamu semakin bersemangat menyelesaikan pekerjaan, karena tak sabar ingin segera berkumpul dan menikmati hidangan buka bersama rekan-rekan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *