by

Ingin Berat Badan Turun? Coba Kebiasaan Ini!

GANLOP.COM – Setiap orang menginginkan tubuh sehat dengan berat badan yang ideal. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut, beberapa orang bahkan rela olahraga dan diet “mati-matian” untuk mendapatkan berat badan yang pas.
Namun ternyata ada beberapa kebiasaan gampang yang bisa kita terapkan sehari-hari yang bisa membantu menurunkan dan menjaga berat badan. Berikut ini beberapa diantaranya.
Makan tepat waktu
Jangan biarkan tubuh terlalu lama kelaparan, kata Nicole Nichols, pakar fitnes dan editor dari Sparkpeople.com. Menunggu terlalu lama di antara jam makan menyebabkan makan dalam porsi dua kali lipat di waktu berikutnya.
Makan dengan perlahan dan nikmati menu Anda hari itu. Mengunyah tanpa terburu-buru akan menghasilkan kalori yang lebih sedikit tiap kali makan. Berhentilah saat kenyang.
Perhatikan waktu makan
Coba makan dari jam 10 pagi hingga 8 malam, atau dari jam 9 pagi sampai 7 malam. Selebihnya Anda hanya bisa minum kopi atau air di luar jam-jam itu. Hindari camilan larut malam.
Hindari kebiasaan makan sambil bekerja
Kebiasaan tidak fokus saat makan ini bisa membuat kamu makan berlebihan. Singkirkan laptop, ponsel, matikan televisi, dan duduklah di meja makan. Dengan begitu, kamu akan semakin sadar akan porsi makanan yang dihabiskan.
Minum banyak air
Minumlah air sekitar 2000 hingga 3000ml setiap harinya. Jika bosan meminum air selingi dengan meminum air lemon segar atau air dengan potongan buah-buahan untuk menambah rasa. Air tidak hanya membuat tubuh terhidrasi dan tidak mudah lapar.
Makan sayur
Pakar diet tersertifikasi, Leslie Langevin, MS, RD, CD dari Whole Health Nutrition mengatakan bahwa ada hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan keinginan kita menurunkan berat badan, yaitu makan lebih banyak sayuran. Sebab, sayuran mengandung sedikit kalori dan kaya serat.
Tidur yang cukup
Kurang tidur bisa menambah berat badan. Sebab, ini akan menurunkan tingkat hormon pengatur rasa lapar, Leptin, dan meningkatkan tingkat hormon Glerin yang memicu nafsu makan. Tidurlah tidak terlalu larut selama kurang lebih 7 jam.
Minum segelas air sebelum makan
Minumlah segelas air setiap sebelum makan. Dengan begitu, kamu akan mencegah dehidrasi dan mencegah diri dari perilaku makan terlalu banyak. Kondisi ini tentu saja akan berpengaruh pada penurunan berat badan.
Perbanyak gerak
Biasakanlah untuk bergerak walaupun ringan, seperti jalan kaki atau olahraga simpel. Bergerak selain bisa membuat tubuh bugar, juga bisa membantu menurunkan lemak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *