by

Bugar di Pagi Hari, Ini Tipsnya

GANLOP.COM – Pagi hari adalah awal dimana kita memulai aktivitas harian dan harusnya penuh semangat, bukan malah mager alias malas gerak. Namun butuh beberapa tips khusus agar kita tetap semangat dan selalu bugar di pagi hari.
Selain tidur malam yang cukup, berikut ini beberapa tips lain agar kalian selalu bugar saat bangun pagi. Silahkan disimak.
Jangan ngemil sebelum tidur
Sebaiknya hindarilah makan atau ngemil sesaat sebelum tidur, karena itu dapat “menyiksa” organ pencernaan Anda semalaman. Organ pencernaan juga butuh istirahat. Makan sebelum tidur membuat organ pencernaan bekerja semalaman sehingga dapat membuat tubuh Anda lelah di pagi hari.
Minum air putih sebelum tidur
Sebelum tidur, biasakanlah mengonsumsi satu gelas air putih. Ini dilakukan untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang karena aktivitas sepanjang hari dan membuang racun di dalam tubuh. Minum segelas air putih sebelum tidur juga bisa membuat tidur kamu lebih nyenyak.
Tidur yang cukup
Usahakan untuk tidur yang cukup pada malam hari, minimal 6 jam agar tubuh tidak lemas dan bugar ketika bangun pagi. Selain membuat tubuh terasa lelah, tidur yang kurang juga membuat penampilan terlihat kusam.
Tidur dengan lampu redup
Tidur dengan lampu yang redup atau tidak terlalu terang dapat membantu menjaga siklus tidur Anda. Jika Anda terbiasa tidur dengan pencahayaan di kamar yang terang, sebaiknya gunakan masker mata.
Jauhkan gadget
Saat tidur malam hari usahakan untuk menjauhkan segala perangkat gadget, selain agar tidak mengganggu tidur (dari suara maupun cahaya), juga bermanfaat untuk mengurangi pemaparan radiasi dari alat-alat elektronik tersebut.
Patuhi alarm
Segera bangun setelah alarm berbunyi, jangan menekan ulang tombol alarm. Letakkan alarm persis di samping tempat tidur Anda agar tak bersusah payah menjangkaunya.
Segera bangun dan bergerak
Ketika bangun tidur di pagi hari, pastikan badan segera bergerak dan jangan berlama-lama berdiam diri, karena hal tersebut akan membuat kalian semakin malas. Segera bangkit dari tempat tidur!
Minum air putih di pagi hari
Setelah bangun, biasakanlah untuk meminum air putih hangat. Air putih bermanfaat untuk menetralisir racun dan lendir yang tidak berguna dalam tubuh, membersihkan usus, memperlancar buang air besar, meremajakan otot dan sel-sel darah dan lain sebagainya.
Olahraga ringan
Sesaat setelah bangun tidur lakukan olahraga ringan atau peregangan, seperti jalan santai, push-up atau sit-up untuk meningkatkan metabolisme tubuh oleh gerak yang dihasilkan. Hal ini berguna untuk memperlancar aliran darah dan meningkatkan kadar oksigen sehingga tubuh menjadi segar dan bugar.
Segera mandi pagi
Setelah bangun dan berolahraga, jangan duduk atau bermalas – malasan saja. Segeralah mandi dengan air dingin segar agar tubuh anda kembali bugar dan penuh semangat.
Sarapan
Selain bikin tubuh lebih berenergi, sarapan juga bisa mengontrol berat badan, meningkatkan fokus, dan mencegah peningkatan kadar kolestrol. Karena itu, kamu dianjurkan untuk sarapan setidaknya 30 menit setelah bangun tidur. Karena menurut ahli, sarapan pada waktu 30 menit setelah tidur bisa menstabilkan kadar gula darah.
Mendengarkan musik favorit
Tidak ada yang lebih menenangkan pikiran selain musik karena dapat membantu menyegarkan tubuh. Putarlah musik kesukaanmu sambil melakukan ritual pagi, dijamin itu akan membuat kalian lebih bersemangat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *