by

Rawat Setelan Jas Kalian

-Fashion-0 views

GANLOP.COM – Setelan jas merupakan salah satu outfit yang sebaiknya dimiliki setiap pria di lemarinya. Walaupun terbilang sangat jarang dipakai, namun percayalah kalian pasti akan sangat memerlukannya untuk kesempatan-kesempatan atau momen spesial.
Karena harganya yang tidak murah, maka setelan jas pun harus dirawat agar selalu awet dan terlihat baru. Berikut ini beberapa tips cara merawat setelan jas yang bisa kalian simak.
Kenali bahan jas
Kenalin dahulu bahan jas kalian, karena setiap bahan memiliki teknik mencuci yang berbeda. Sebagian bahan bisa kalian bersihkan dengan metode wet-cleaning, namun ada beberapa bahan khusus, salah satunya wool yang harus kalian cuci dengan metode dry-cleaning agar tidak rusak.
Jangan menaruh barang berlebih di dalam saku jas
Jangan terlalu sering menyimpan banyak barang di saku suit, baik saku luar maupun dalam. Pastikan hanya benda-benda ringan saja, seperti kunci kendaraan, sapu tangan, dan lain sebagainya yang masuk ke dalam saku suit.
Jangan terlalu sering dicuci
Setelan jas biasanya hanya dipakai untuk acara-acara tertentu dalam jangka waktu hanya beberapa jam. Jika jas tidak terlalu kotor, cukup angin-anginkan saja. Usahakanlah untuk tidak terlalu sering mencuci jas, karena bisa menyebabkan bahan cepat pudar.
Namun jangan menunda untuk mencuci jas jika jas terkena noda atau kotoran, agar noda tidak lengket.
Gunakan sikat khusus
Gunakan sikat khusus jas untuk menghilangkan debu atau kotoran kasat mata yang menempel. Saat menggunakannya, sikat dengan cepat agar debu dan kotoran kasat mata benar-benar lenyap tidak membekas.
Gunakan steamer
Hindari menyeterika jas dan pakailah setrika uap atau steamer agar setelan jas kalian tetap terlihat rapi dan licin serta jas kalian tetap awet.
Simpan jas dengan benar
Jas tidak boleh dilipat atau di masukkan kedalam lemari dalam waktu lama, karena jas akan berjamur, penyimpanan jas yang baik adalah digantung. Jas juga harus rutin diangin-anginkan agar terbebas dari bakteri dan jamur. Selain itu simpan jas dengan cukup jarak di antaranya.
Pilih hanger yang tepat
Gunakan jenis gantungan baju yang lebih lebar pada bagian bahu. Jangan gunakan jenis hanger yang terbuat dari kawat. Hal itu bisa merusak bagian bahu dari jas.
Hindari hanger berbahan logam, karena akan menurunkan kualitas material kain suit akibat reduksi kimia yang ditimbulkannya. Sebaiknya gunakan hanger berbahan kayu untuk menjaga kondisi material kain suit tetap prima.
Gunakan garment bag
Jika membawa jas saat bepergian garment bag adalah satu satu barang yang wajib dimiliki. Pilih garment bag yang mudah dijinjing, ringan, dan breathable alias tidak padat dan sesak agar ketika jas disimpan dalam garment bag ini, jas tetap bisa “bernafas”, terlindungi dan tidak kusut

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *