by

King Royal Pride 2024 Ajak Rayakan Kejayaan Seni Graffiti Indonesia di Panggung Dunia

GANLOP.COM – Festival Graffiti Internasional IV: King Royal Pride 2024, datang lagi, kali ini temanya, Merayakan Kejayaan Seni Graffiti Indonesia di panggung dunia.

Sejak menggagas event prestisius tersebut pada 2021, Diton King sebagai brand cat semprot kebanggaan Indonesia yang telah dikenal luas di Asia Tenggara — seperti Brunei, Filipina, Vietnam, Singapura, Malaysia, Taiwan, dan Thailand — secara konsisten hadir demi menjunjung kemerdekaan seni graffiti dan street art Indonesia ke pentas global. Kali ini, pada tahun keempat ini, hadir dengan program yang lebih akbar.

Kiprah awal King Royal Pride bermula pada masa pandemi tahun 2021. Pada masa sulit itu, Diton King dan Raya Graff, distributor resmi Diton King, membangun gerakan membangkitkan kembali seni urban dalam sebuah festival seni graffiti dengan melibatkan UMKM toko-toko graffiti di seluruh negeri.

Kerja bareng itu mewujudkan kegiatan-kegiatan yang berlangsung serempak di berbagai lokasi. Seiring waktu, festival ini berkembang pesat karena berhasil menarik perhatian seniman graffiti dan street art tak hanya kawasan Asean, namun juga dunia. Tahun ini, King Royal Pride mengundang seniman dari Amerika Serikat, Amerika Selatan, Eropa, Rusia, China, serta, tentu saja sejawat seniman seni jalanan regional Asia Tenggara.

Kebangkitan kembali seni urban itu pantas disyukuri dan dirayakan dalam rangkaian kegiatan yang kali ini diberi tajuk: SPRAY EMPIRE. Kebersamaan adalah kunci untuk mengusung kembali visi Indonesia sebagai barometer seni graffiti dan street art di Asia, sekaligus mengedepankan patriotisme seniman urbannya ke blantika dunia. King Royal Pride berupaya memadukan idealisme seni agar dapat melangkah beriringan dengan perkembangan industri kreatif yang sedang tumbuh mekar di Indonesia.

Rangkaian acara King Royal Pride 2024 semakin beragam dalam pembagian penyelenggaraan sesuai zona waktu yang lebih dinamis. Tahapan pertama akan berlangsung serempak di seluruh Indonesia dan beberapa negara tetangga seperti Taiwan, Vietnam, Singapura, dan Filipina. Lalu puncak perayaannya akan digelar di tanggal 28-29 September 2024 di areal Produksi Film Negara (PFN), Jakarta Timur yang juga adalah mitra festival.

Di Areal yang bersejarah itu kemeriahan akan menghadirkan seni graffiti dan street art yang berkolaborasi dengan kalangan musisi hip hop dan berbagai unsur kebudayaan nasional lainnya. Semuanya bersinergi agar King Royal Pride 2024 hadir lagi sebagai festival seni urban yang penuh warna; sarat kreativitas yang ekspresif dalam persahabatan dan persaudaraan.

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *