by

Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Kesehatan Mata, VIO Optical Clinic Luncurkan Kampanye “PERMADANI”

BOGOR, GANLOP.COM – VIO Optical Clinic resmi meluncurkan kampanye “PERMADANI” (Periksa Mata Dari Dini) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang tua dan anak mengenai pentingnya kesehatan mata, sehingga mereka dapat memiliki penglihatan yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah.

Berdasarkan data VIO Optical Clinic, Hanya 31% anak usia sekolah yang sudah melakukan pemeriksaan mata di VIO Optical Clinic Bogor. Dan sebanyak 57%  anak yang melakukan pemeriksaan mata di VIO Optical Clinic Bogor mengalami mata minus tinggi yang harus ditangani dengan cepat dan tepat.

Kasus meningkatnya mata minus yang disebut dengan fenomena Myopia Booming, menjadi perhatian serius karena berpotensi mengancam masa depan anak-anak. Data menunjukkan bahwa fenomena ini meningkat, terutama sejak pandemi COVID-19, sehingga diperlukan solusi yang efektif untuk memperlambat perkembangan rabun jauh, terutama bagi anak-anak yang belum dapat menjalani operasi lasik.

Rabun jauh bukan satu-satunya masalah penglihatan yang dialami anak-anak. Ada juga masalah penglihatan lain seperti astigmatisme, ambliopia, strabismus, low vision, dan penglihatan ganda, yang sebagian besar disebabkan oleh faktor genetik atau diwariskan dari orang tua.

“Data tersebut sangat mengkhawatirkan, terutama melihat tingginya presentase anak di Bogor yang mengalami mata minus tinggi. Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi kualitas penglihatan anak, tetapi juga dapat berdampak pada perkembangan akademis dan sosial mereka. Sebagai eyecare professional, VIO Optical Clinic memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan anak-anak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Kami di VIO Optical Clinic berkomitmen melalui kampanye “PERMADANI” untuk meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya pemeriksaan mata dari dini, demi mencegah dampak negatif mata minus tinggi pada masa depan anak-anak kita,” ujar Muhammad Agus Shandi, selaku product management dari  VIO Optical Clinic.

Solusi gangguan penglihatan yang dialami anak-anak melalui dampak dari fenomena Myopia Booming ini bisa diatasi dengan Myopia Control Management yang sudah tersedia di VIO Optical Clinic – Bogor.

Salah satu penanganannya melalui metode Terapi Ortho K. Terapi Ortho-K, atau Orthokeratology, adalah metode koreksi penglihatan non-bedah yang dilakukan dengan menggunakan lensa kontak khusus yang dirancang untuk dipakai semalaman saat tidur. Lensa ini secara perlahan membentuk ulang permukaan kornea, sehingga ketika lensa dilepas di pagi hari, pasien dapat melihat dengan jelas tanpa perlu menggunakan kacamata atau lensa kontak sepanjang hari.

Terapi ini sangat efektif untuk mengontrol perkembangan miopia (rabun jauh) pada anak-anak dan remaja, sehingga dapat mengurangi risiko peningkatan mata minus yang lebih parah di masa depan. Terapi Ortho K tentunya juga berpotensi memperlambat progresivitas miopia, menjadikannya pilihan yang aman dan efektif bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan mata jangka panjang.

Andri Agus Syah, OD, FPCO, FAAO, FIALVS selaku Founder & Chief Doctor VIO Optical Clinic menjelaskan, “Berbagai gangguan mata yang umum dialami anak-anak meliputi kelainan refraksi, amblyopia (mata malas), konjungtivitis, dan yang paling banyak ditemui adalah myopia. Semakin cepat masalah mata terdeteksi, semakin cepat pula anak dapat menerima perawatan dan dukungan yang diperlukan. Data menunjukkan bahwa 81% gangguan penglihatan dapat dicegah jika didiagnosis dan diobati sejak dini. Ini menjadi fokus utama kami untuk mengajak masyarakat lebih aktif dalam pencegahan gangguan kesehatan mata dengan melakukan pemeriksaan rutin setidaknya setiap 6 bulan di tempat yang tepat.”

“Kami mengajak para orang tua untuk lebih waspada terhadap kesehatan mata anak-anak. Dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin di VIO Optical Clinic, Anda dapat mendeteksi masalah penglihatan sejak dini dan memberikan solusi yang tepat. Terapi Ortho-K merupakan pilihan yang efektif untuk mengatasi mata minus dan silinder pada anak, memberikan mereka penglihatan yang lebih baik tanpa harus bergantung pada kacamata sepanjang hari. Jangan biarkan masalah penglihatan menghambat masa depan anak Anda—lakukan pemeriksaan mata sekarang di VIO Optical Clinic dan pastikan mereka mendapatkan perawatan terbaik.”

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *