by

Perspektif Baru Dukungan Teknologi untuk Tumbuh Kembang Anak ala Shopee, Anissa Aziza dan Brand Kazel

JAKARTA, GANLOP.COM – Memperingati perayaan Hari Anak Nasional, pada acara Webinar Shopee: Peran Keluarga, Kunci Anak Tumbuh Bahagia, kehadiran Anissa Aziza, seorang Mom Influencer, telah memberikan perspektif baru tentang bagaimana peran penting orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak di era digital. Diskusi ini juga menyoroti Jumaliu, owner Kazel, brand fashion anak, yang menekankan bahwa inovasi dan kreativitas dalam dunia digital dapat membantu brand lokal semakin dekat dengan konsumen, memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan kebutuhan anak dan preferensi para orang tua yang terus berkembang.

Peran Shopee Memenuhi Kebutuhan Anak yang Dinamis Lewat Brand Lokal Terpercaya

Di balik kebutuhan anak yang bervariasi ditambah aktivitas mereka yang dinamis dan penuh gerak, memilih kebutuhan lewat produk berkualitas dari brand terpercaya juga menjadi langkah penting yang harus diperhatikan. Sebagai platform e-commerce, Shopee berfungsi sebagai jembatan antara orang tua dengan brand lokal dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

Melalui Shopee, dapat dengan mudah menemukan produk-produk yang mendukung perkembangan anak, sekaligus memberikan dukungan langsung pada ekonomi kreatif di Indonesia.

Selain orang tua, fitur Shopee yang saling terintegrasi juga berkontribusi membawa dampak positif terhadap pertumbuhan UMKM dan Brand lokal di Indonesia. Maka dari itu, di tengah persaingan industri brand lokal yang semakin ketat di era digital ini, Kazel berhasil muncul sebagai salah satu brand lokal anak yang sukses memanfaatkan platform Shopee.

Didirikan oleh Jumaliu pada tahun 2015, Kazel memulai perjalanannya dengan visi yang kuat untuk menyediakan pakaian anak yang nyaman, desain fungsional, berkualitas, serta terjangkau. Sejak berkomitmen untuk terus mengadopsi kemajuan teknologi, Kazel berhasil mencapai konsumen secara luas dan efektif dengan strategi inovatif melalui Shopee Live dan Shopee Video. Strategi pemasaran ini tidak hanya meningkatkan kesadaran merek, tetapi juga mencatat pencapaian luar biasa. Pada kuartal kedua 2024, Kazel berhasil mencatat peningkatan pesanan di Shopee Live hingga 32 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

“Strategi kami menitikberatkan pada kemampuan untuk terus mengikuti perkembangan tren dan teknologi. Maka dari itu, mengoptimalkan platform seperti Shopee beserta fitur interaktifnya, Shopee Live dan Shopee Video, menjadi fokus utama dalam menjangkau target pasar dan mendekatkan diri dengan calon konsumen. Fitur-fitur ini tidak hanya memudahkan kami berinteraksi langsung secara real-time, tetapi seakan membuat kami sedang jualan di toko offline yang bisa secara langsung memberikan edukasi lebih efektif. Mulai dari informasi produk Kazel yang sudah bersertifikasi SNI dan OEKO TEX Internasional, hingga program After Sales Service, khusus customer komplain bisa langsung kami tangani dengan cepat dan baik. Tak hanya itu koleksi produk Kazel yang variatif, hampir lebih dari 30 jenis produk, sehingga pelanggan bisa menyesuaikan apa yang mereka butuhkan.” tambah Jumaliu, owner Kazel.

Bagi Kazel, fitur-fitur interaktif yang dihadirkan Shopee, baik Shopee Live dan Shopee Video ini telah memberikan banyak pengalaman yang berdampak positif pada bisnis. Selain peningkatan penjualan yang signifikan, Kazel kini dapat mempekerjakan lebih banyak anggota tim untuk mendukung berbagai aspek produksi, termasuk pemasaran, manajemen konten, layanan pelanggan, dan kontrol kualitas. Dari awal yang hanya berdua dengan istri, Kazel kini telah berkembang menjadi sekitar 350 anggota tim dan 100% produksi lokal, bahkan bisa berkontribusi pada lapangan kerja baru dan peningkatan ekonomi lokal. Keseriusannya terus berlanjut lewat jadwal Shopee Live yang hampir setiap hari mulai dari Senin-Sabtu, di jam 11.00-14.00 WIB dan 19.00-23.00 WIB. Beberapa produk-produk Kazel yang paling banyak dicari mencakup KAZEL Zebe Setelan Oasaka Edition, KAZEL Jobel Zebe Youra Shorts Girl, serta berbagai baju dalam anak lainnya.

Kiat Anissa Aziza Memanfaatkan Teknologi untuk Pertumbuhan Buah Hati

Bagi Anissa Aziza, ibu dari dua orang anak yang juga aktif bekerja sebagai influencer, menyeimbangkan waktu antara keluarga dan pekerjaan memang tidak mudah, tetapi perkembangan teknologi memainkan peran penting dalam membantunya menjalani tantangan tersebut. Selain menjadi wadah yang membantu brand lokal memaksimalkan potensi, kehadiran platform belanja online seperti Shopee telah membantu para orang tua modern dalam memenuhi kebutuhan buah hati.

“Tentunya, aku sangat mengapresiasi bagaimana Shopee telah sangat membantu kami sekeluarga dalam memilih dan mendapatkan produk terbaik dari berbagai kategori, sehingga belanja menjadi semakin nyaman dan efektif. Apalagi sekarang fitur di Shopee semakin lengkap, bukan hanya dibanjiri promosi saat kampanye angka kembar, kehadiran fitur-fitur seperti Shopee Live dan Shopee Video juga memberikan kesempatan kepada aku dan para orang tua lainnya untuk mendapatkan informasi, saran, dan rekomendasi produk dari brand-brand lokal yang terpercaya dan berkualitas. Bagi aku, Shopee sekarang sudah lebih dari sekadar platform belanja online, tetapi juga menjadi tempat untuk berinteraksi dan memperluas pengetahuan aku sebagai konsumen dan orang tua,” ujar Anissa Aziza.

Seiring dengan membantu menjalankan perannya sebagai ibu, Shopee juga memberikan dampak positif kepada Anissa sebagai seorang influencer yang bergabung dan aktif mengikuti Shopee Affiliate Program. Hadirnya fitur Shopee Live dan Shopee Video tidak hanya menjadi cara berbelanja yang lebih interaktif dan informatif, namun juga kerap menjadi sumber inspirasi bagi Anissa untuk menemukan produk yang dapat ia berikan sebagai rekomendasi kepada para followers-nya di media sosial. Selain itu, berkat komisi yang diraih sebagai Shopee Affiliate, Anissa dapat menambah budget untuk berbagai kebutuhan, mulai dari tabungan pendidikan anak hingga tambahan uang jajan saat liburan keluarga.

Selain membagikan pengalaman positifnya dalam memanfaatkan fitur dan program yang dihadirkan Shopee, dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional, Anissa juga membagikan tips dalam mengasuh dan memenuhi kebutuhan anak:

Semua anak memiliki kebutuhan yang berbeda

“Menurutku, hal pertama yang penting untuk kita sadari itu adalah setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga komunikasi yang baik menjadi kunci untuk memahami kebutuhan dan perasaan anak-anak kita. Sebagai orang tua tugas kita jangan sampai lupa untuk mendengarkan mereka, tanya apa yang mereka suka dan tidak, dengan begini anak akan merasa lebih terlibat dan mengasah kemampuan mereka dalam berkomunikasi serta mengambil keputusan,” ucap Anissa.

Pastikan anak mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan

Anissa berusaha untuk memenuhi kebutuhan utama anak-anaknya terlebih dahulu sebelum mempertimbangkan keinginan mereka. Menurutnya, memiliki prinsip untuk tidak memanjakan anak-anak dengan selalu memenuhi semua permintaan anak sangat penting karena bisa membentuk karakter mereka menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab. Di sisi lain, Anissa tetap menyadari bahwa memberikan apresiasi atas pencapaian anak pun tidak kalah penting, agar mereka tidak hanya belajar tentang tanggung jawab dan kemandirian, tetapi juga merasa dihargai dan termotivasi untuk terus berkembang.

Selalu prioritaskan tumbuh kembang anak

Anissa menjelaskan bahwa dalam setiap keputusan yang diambil untuk pemenuhan kebutuhan anaknya, ia selalu mengutamakan pilihan yang paling berkontribusi positif pada tumbuh kembang mereka, “Aku senang sekali karena sekarang brand lokal sudah semakin kreatif dalam menghadirkan produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan anak. Mulai dari makanan dan bumbu masakan non-msg dan bahan yang aman untuk konsumsi sehari-hari hingga mainan sensory play yang dapat menemani mereka bermain sekaligus menstimulasi pertumbuhan. Selain mainan, aku juga menemukan banyak brand dan seller lokal di Shopee yang menyediakan berbagai pilihan activity book seperti tracing angka hingga buku mewarnai yang dikemas secara interaktif, sehingga tidak hanya menyenangkan namun juga melatih kemampuan kognitif dan motorik mereka. Dengan selalu menjadikan tumbuh kembang anak sebagai patokan utama, aku yakin pilihan aku untuk mereka akan jadi yang terbaik.”

Jangan lupa untuk riset dan cari informasi dari berbagai sumber

Riset dan mencari informasi bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti bertanya ke dokter, browsing, hingga memanfaatkan fitur yang tersedia di platform belanja online seperti Shopee, “Sebelum membeli suatu produk, aku selalu berusaha untuk mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya, khususnya jika berkaitan dengan kesehatan dan nutrisi seperti suplemen, vitamin, susu, dan makanan. Ini juga jadi salah satu alasan aku sering memanfaatkan Shopee untuk memenuhi kebutuhan keluarga, karena bisa sambil baca review dari pembeli-pembeli lain untuk tahu kualitas dari produk yang mau aku beli. Selain itu, di Shopee kan sekarang juga ada fitur Shopee Live, jadi kalau masih ragu untuk beli suatu produk aku bisa tanya langsung ke penjual untuk lebih tau mengenai detail-nya,” ujar Anissa.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *