by

Serbu! Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2019 Resmi Dibuka

-Keluarga-25 views

JAKARTA, GANLOP.COM – Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2019 yang ke-4 resmi dibuka di Main Atrium, Pluit Village oleh Bapak Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia.
Pembukaan WICSF 2019 kembali dibuka bertepatan dengan perayaan Hari Pariwisata Sedunia yang juga jatuh di 27 September. WICSF 2019 akan digelar selama sebulan penuh mulai dari 27 September 2019 hingga 27 Oktober 2019 yang akan memanjakan pengunjung dengan berbagai sajian kuliner dan program belanja discount up to 70% di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.
Program WICSF yang berawal sebagai program tahunan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia kini telah berkembang menjadi Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Masuknya WICSF sebagai CoE Kementerian Pariwisata Republik Indonesia tentunya bukan tanpa alasan, setelah berjalan selama 3 tahun dan kini menginjak tahun ke-4, penyelenggaraan WICSF terbukti mampu memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia khususnya pada industri kuliner dan belanja.
Banyaknya konten menarik yang disuguhkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia ini mampu menarik jumlah wisatawan baik nusantara maupun mancanegara untuk datang dan berbelanja di Indonesia. Tak berhenti disitu, setiap tahunnya WICSF juga terus mengangkat berbagai warisan kebudayaan Indonesia yang kemudian dijadikan tema acara guna terus meningkatkan awareness ragam kebudayaan Indonesia di kancah nasional dan internasional.
“Sebagai agenda tahunan, WICSF merupakan bentuk komitmen kami untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara menyeluruh. Kami berharap WICSF 2019 dapat menjadi daya tarik baik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara, sehingga kedepannya pusat perbelanjaan juga dapat berperan sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia. Dengan diadakannya kembali WICSF, kami berharap dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Optimisme ini berangkat dari meningkatnya jumlah pusat perbelanjaan yang berpartisipasi dalam WICSF 2019 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.” ujar Bapak A. Stefanus Ridwan S. selaku Ketua Umum DPP APPBI.
Bapak Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata Republik Indonesia juga memberi dukungan penuh terhadap WICSF, “Pengalaman berbelanja offline tetap dibutuhkan di era digital ini; itu sebabnya belanja harus mampu menjadi atraksi yang memberikan pengalaman menarik khususnya bagi para wisatawan. Indonesia yang masuk dalam list global Shopping Index menjadi negara yang penduduknya suka belanja menjadi pasar sendiri yang akan mendorong ekonomi rakyat. Wisata belanja juga dapat menjadi pintu bagi promosi produk-produk unggulan Indonesia yang mampu meningkatkan ekonomi melalui Trade Tourism & Investment”, ungkap mantan dirut Telkom ini.
Dukungan terhadap WICSF 2019 juga disampaikan oleh Ibu Vita Datau selaku founder Indonesia Gastronomy Network dan juga Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. “Indonesia memiliki destinasidestinasi yang mempunyai produk kuliner dan belanja unggulan. Melalui event WICSF 2019 ini diharapkan akan mendorong destinasi lain yang berpotensi dan kegiatan ini juga menjadi aksi nyata Indonesia Incorporated dimana kolaborasi dan sinergi antara pemerintah dan sektor swasta yang tergabung dalam asosiasi dalam hal ini, APPBI terjalin untuk satu misi memajukan ekononomi Indonesia melalui pariwisata. Kemenpar sudah membuktikan keseriusannya dalam mendorong Indonesia sebagai surga belanja, ini dibuktikan dengan kesungguhan Kemenpar mengajak industri untuk memperjuangkan kemudahan Tax Refund agar kompetitif dengan negara-negara tetangga”, papar-nya.

Dimulai serentak di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia, WICSF 2019 mengangkat berbagai jajanan pasar hingga jajanan kekinian yang pastinya tak diragukan lagi kelezatannya, seperti Soto, Rendang, Nasi Goreng, Sate, Gado-Gado yang juga telah ditetapkan sebagai kuliner khas Nasional oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *